Berkenalan dengan Diri Sendiri

Share Postingan ini

قبل كلّ شيء ………….

أقول لكم ” سلام الله عليكم ورحمة الله وبركاته “

الحمد لله رب العالمين الذي فطر السماوات والأرض, وجعلنا من المسلمين و لم يجعلنا من المشركين والكافرين.

            الصلاة والسلام إلي سيدنا ونبينا ومولانا محمد ص ل و علي أصحابه أجمعين.

أماّ بعد.

Salam sundul Agan2 IKPM yang di rahmati Allah SWT.

Piye kabare sul….???

I.allah khoir jami’an kan…!!?? hehe

Agan2 IKPM yang dirahmati Allah SWT. Coba sekarang kita renungkan sebentar “ Berapa banyak sih kenalan kita dalam hidup kita dari kita lahir sampai sekarang…??? ”.football jerseys
Nike Air Max 270 white
nike air max womens
Jerseys for Sale
nike air jordan sneakers
nike air jordan shoes
nike air jordan 1
best couples sex toys
adidas promo code
nike air max for sale

Saya kira  setiap dari kita pasti punya banyak kenalan, ada dari temen sekelas SD, SMP, SMA, ada juga dari tetangga, satu desa, satu kampung, satu kota, apalagi yang pernah merasakan belajar di Pondok Modern. (weess banyaak banget sul…..!!!)

Sedikit cerita ya Agan2 IKPM ….hehehe

Dulu waktu saya masih belajar di pondok, saya masih belum paham banget  akan arti yang sebenarnya

Salah satu pelajaran mahfudzat,

(sebenarnya bukan satu aj sih  tapi banyak yg saya ga faham. mafhum kelas bawah dulu…!!!hehehehe)

Kalau ga salah gini bunyinya  ” هَلَكَ امْرُؤٌ مَنِْ لََمْ يَعْرِف قَدرَهُ ” (celakalah orang yg tidak mengetahui kadar dirinya).

                  Nah Agan2 IKPM di kesempatan yang luar biasa ini mungkin saya akan sekedar sharing bukannnya menasehati sih, apalagi menceramahi .( لأنّ لستُ بأحسن منكم و لستُ بخير منكم )

Ternyata orang yang banyak kenalan tapi dia tidak kenal dengan dirinya sendiri juga salah.

Maka kenalilah diri kita dari sekarang, karena barang siapa yang mengenali diri nya, maka ia akan mengenal tuhannya.

sebagaimana sabda Nabi SAW

مَنْ عَرَفَ نَفْسَهُ فَقَدْ عَرَفَ رَبَّهُ وَمَنْ عَرَفَ رَبَّهُ فَسَدَ جَسَدَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya, dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.

Lalu diri mana yang wajib kita kenal? Sungguhnya diri kita terbagi dua sebagaimana firman Allah dalam surat Luqman ayat 20 :

وَأَسْبَغَ عَليْكُمْ نِعَمَهُ ظَهِرَةً وَبَاطِنَةً

Artinya : Dan Allah telah menyempurnakan bagimu nikmat zahir dan nikmat batin.

Jadi berdasarkan ayat di atas, diri kita sesungguhnya terbagi dua:

  1. Dirizahir yaitu diri yang dapat dilihat oleh mata dan dapat diraba oleh tangan.
  2. Diri batin yaitu yang tidak dapat dipandang oleh mata dan tidak dapat diraba oleh tangan, tetapi dapat dirasakan oleh mata hati. Adapun dalil mengenai terbaginya diri manusia

Karena sedemikian pentingnya peran diri yang batin ini di dalam upaya untuk memperoleh pengenalan kepada Allah, itulah sebabnya kenapa kita disuruh melihat ke dalam diri (introspeksi diri)  sebagimana firman Allah dalam surat az-Zariat ayat 21:

وَفِى اَنْفُسِكُمْ اَفَلاَ تُبْصِرُوْنَ

Artinya : Dan di dalam diri kamu apakah kamu tidak memperhatikannya.

Allah memerintahkan kepada manusia untuk memperhatikan ke dalam dirinya disebabkan karena di dalam diri manusia itu Allah telah menciptakan sebuah mahligai yang mana di dalamnya Allah telah menanamkan rahasia-Nya.

Nah agan2 IKPM rahimakumullah.

Disini sebenarnya ane mau sharing bagaimana cara mengenali potensi diri  kita, kalau diatas tadi mengenali dalam diri kita, karena didalam tubuh kita ini  ada Kebesaran dan Rahasia Allah SWT.

Sebenarnya di dunia ini tidak ada orang yang bodoh, tidak mampu, tidak berbakat, dan tidak berpotensi. Setiap orang merupakan emas yang mempunyai potensi besar yang terpendam pada diri sendiri. Hanya saja, banyak orang belum menyadari potensi terrsebut.

Maka cara menemukan potensi adalah berani untuk mencoba. Jika anda takut mencoba karena takut salah, takut di cela, takut di hina, takut di evaluasi maka anda termasuk orang yang rugi. Karena semua itu adalah pengalaman dan pengalaman itu lah yang “ Mahal ”.  Karena orang yang tidak pernah mencoba tidak akan memiliki pengalaman.

Dan belajar dari berbagai pengalaman yang diperoleh, akan mengetahui suatu bakat atau potensi yang terpendam pada seseorang. Kita perlu memahami lebih dahulu potensi yang tersimpan dalam diri. Biasanya dari sanalah seseorang menentukan arah dan mengawali tindakan untuk mewujudkan tujuan hidup.

 Keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan dipengaruhi oleh kesanggupan atau kekuatan untuk melakukan suatu pekerjaan. Sebenarnya semua hal tergantung kemauan pada diri sendiri. Begitu juga dengan potensi. Potensi berkembang baik pada orang yag mengetahui kemampuannya dan berkeinginan kuat untuk mengembangkannya. Sebaliknya, potensi akan terkubur jika pemiliknya berdiam diri dan tidak perduli dengan bakat yang dimilikinya.

 

Orang sukses bukan berarti tidak pernah mengalami kekalahan, kegagalan, hambatan, dan masalah. Namun, bedanya dari orang – orang biasa, mereka tidak mau menyerah pada kekalahan, kegagalan, hambatan, dan masalah terebut.

Salah satu cara nya, anda harus menjadi orang  yang kreatif. Kreatifitas dapat diartikan sebagai kemampuan menempatkan objek – objek yang ada dan mengubahnya menjadi bentuk yang baru untuk suatu tujuan yang baru.

Orang yang dinamakan Kreatif bukan saja bisa membikin sesuatu barang yang baru tapi kreatif sesungguhnya juga bisa menyelesaikan masalah, unsur kreatif diperlukan dalam proses berfikir untuk menyelesaikan masalah. Semakin kreatif, semakin banyak alternatif solusinya.  Dengan cara itu maka seseorang mampu melihat persoalan dari berbagai perspektif.

Dan jangan lupa juga bahwa  Sikap kreatif harus didukung oleh KECERDASAN EMOSIONAL ( EQ ), secara mental, Karena orang yang kreatif memilki :

  1. Dia mempunyai hasrat yang kuat untuk mengubah hal – hal disekelilingnya.
  2. Dia mempunyai ketanggapan terhadap sesuatu.
  3. Dia mempunyai minat yang tinggi untuk menggali lebih rasa ingin tahu.
  4. Dia mendalam dalam berfikir dan konsentrasi, mampu menekuni suatu permasalahan.
  5. Dia memiliki Sikap mencoba, dan berarti berani untuk mengambil risiko, karena mencoba hal – hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya belum tentu lancar, dan berhasil seperti dia inginkan.

Kalau itu semua tidak didukung dengan Kecerdasan Emosional (EQ), mungkin semuanya akan hancur berantakan.

         Nah agan2 IKPM  mungkin cuma sampai disini dulu sharing nya. Mungkin dari sharing diatas tadi  jikalau ada baiknya tolong kita ambil dan sebarkan kalau ada jelek nya tolong kita tinggalkan.

Dan untuk terakhir kali ane katakan bahwa  untuk mengatakan hal2 yang baik itu sangatlah mudah, tapi untuk mengerjakannya lah yang susah.

(memberikan kan contoh yang baik  itu mudah tapi menjadi contoh yang baik itu lah yang susah).

أخير الكلام

أستعفيكم ……………….

مع النّجاح في أموركم ………………

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته ………………

Loading

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *