Cerita dari Kampus IIUI

Share Postingan ini

(Tulisan ini didedikasikan khusus untuk para calon Mahasiswa/i sebagai gambaran kehidupan Kampus IIU Islamabad, Pakistan)

ISLAMABAD- Selasa, 08 desember 2015 di Negeri Ali Jinnah, Islamabad, sebuah Ibukota nan asri yang dikelilingi perbukitan indah. Minim polusi, bangunan pencakar langit yang masih jarang terlihat, hiruk pikuk lalu lintas yang sangat jarang terjadi kemacetan serta sosial budaya nya yang kental akan nilai ketimuran. Banyak yang bertanya mengapa ke Pakistan? Apa yang menarik dari Pakistan? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya terkait dengan negeri ini terlontar dari sanak saudara dan kerabat. Akhirnya setelah sekian lama jawaban itu pun muncul; karna ada nilai-nilai kehidupan yang kami dapati disini.

Hari, bulan dan tahun yang telah kami jajaki di negeri Ali Jinnah ini telah membuka indra bathin kami akan dunia yang luas. Ikut menyaksikan, berfikir, dan bergerak dalam kehidupan dunia ini. Keanekaragaman budaya yang kemarin kami dapati di Indonesia hanya bagian kecil dari gambaran masyarakat yang luas. Di Pakistan terlebih di kampus kami IIUI, senang rasanya setiap hari kami dapat berinteraksi dengan kawan-kawan kampus ataupun hostel (asrama) dari berbagai negara. Belajar dan bertukar cerita tentang kehidupan kami di negara masing-masing. Menjadi bagian dalam keluarga baru kami dalam lingkup kamar, kelas dan hostel (asrama).

     Bukan hanya menjalani rutinitas sebagai Mahasiswa/i saja di negeri rantau ini. Kami putra/i Ibu Pertiwi juga mengisi waktu kami dengan aneka kegiatan bersama sewaktu-waktu. Belajar mengasah kemampuan masing-masing dalam bidang nya, saling berbagi ilmu seperti mengadakan “ta’lim banat” dengan Mahasiswi Thailand bagi kalangan Mahasiswi serta aneka kegiatan lainnya sebagai bekal nanti ketika kembali ke rumah kita, Indonesia. Seringkali kami pun berkumpul dengan masyarakat Indonesia lainnya di KBRI dalam perayaan dan peringatan hari Nasional seperti acara Tujuh Belas Agustus, Seminar dan lain sebagainya.

IKPM Pakistan pada acara Ramah Tamah di KBRI Islamabad

Saat ini kami tengah berada di awal musim dingin, masa – masa akhir semester musim gugur menjelang Ujian. Artinya sebentar lagi liburan musim dingin yang dinanti-nati akan tiba. Seluruh peralatan nyalju mulai dari jaket, sarung tangan, sepatu dan lainnya dipersiapkan saat menjelang hari Trip bersama. Momen yang paling indah bagi kami saat musim salju ialah ketika snowfall. Butiran salju yang lembut, dingin dan mencair ketika disentuh tidak akan kami dapati di pulau Jawa, Sumatera ataupun Kalimantan nantinya 🙂

Snow Trip 2014 at Muskhpuri

Bagaimana dengan kehidupan pada musim lainnya? Sisi indah Pakistan salah satunya terletak pada kekayaan musimnya. Pada musim semi meski tidak seramai di Turki ataupun di negeri kicir air, aneka ragam buka berwarna-warni tetap tumbuh subur bermekaran di pinggiran jalan. Suhu udara pun masih hangat perpaduan antara sisa musim dingin dengan awal kedatangan menjelang musim panas. Ketika musim panas tiba, biasanya bertepatan saat bulan Ramadhan. Ada Lassy (minuman yoghurt+gula+es+almond dan campuran lainnya) yang menyegarkan untuk diminum ketika bebuka puasa. Adakalanya pula kami berbuka puasa bersama serta shalat taraweh berjama’ah dengan keluarga Indonesia lainnya di KBRI. Selain itu program i’tikaf ramadhan dan aneka lomba malam nuzulul qur’an ikut menyemarakkan bulan suci Ramadhan di negeri rantau ini.

     Mengenai kehidupan di hostel (asrama), saat ini untuk asrama Putri diklasifikasikan bedasarkan fakultas. Bagi Mahasiswi Luar Negeri seperti Indonesia, Thailand, Khazastan, China, Somalia, Tajikistan dan lainnya di pusatkan dalam satu asrama. Asrama selebihnya dihuni oleh Mahasiswi asli Pakistan ataupun overseas. Hostel telah menyediakan mess (dapur umum) bagi yang berkenan dengan menu masakan Pakistani. Namun bagi Mahasiswi Indonesia kami lebih memilih untuk memasak masakan Indonesia atau masakan lainnya sendiri di dapur. Disamping lebih higienis, ekonomis dan sesuai selera pastinya.

     Untuk kegiatan kampus, mayoritas perkuliahan aktif pada hari Senin hingga Jum’at. Sedangkan untuk Sabtu dan Ahad ialah hari libur. Aneka perlombaan, seminar, pameran dilaksanakan pada waktu khusus tiap semesternya. Selain itu kampus juga mendukung program trip bersama fakultas di akhir pekan bulan ini untuk mengenalkan tempat wisata dan kekayaan alam Pakistan.

Loading

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *