EKSPEDISI ATAP SAMUDRA & SUJUD SYUKUR 100 TAHUN GONTOR

Peringatan menuju 1 abad Gontor
Share Postingan ini

Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Pakistan mengirim beberapa delegasi khusus demi melakukan ekspedisi menuju Nanga Parbat camp 1 untuk pengibaran bendera Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus sujud syukur dalam rangka memperingati penyambutan 100 tahun Gontor. Beberapa delegasi adalah Mahasiswa International Islamic University of Islamabad (IIUI) perwakilan dari setiap angkatan yaitu saudara Alvis Syafarendra, Audi Atmadibrata, Almer Reyhan Dian Nugroho, Ibnu Fajar Maulana, Irfan Baharuddin Firly, dan Dzulfikar Ali Ghifari. IKPM Pakistan memilih destinasi tersebut menjadi lokasi ekspedisi karena Nanga parbat adalah salah satu dari 3 gunung yang cukup berbahaya di dunia. Basecamp Nanga Parbat sendiri memiliki ketinggian 4217 MDPL/MASL, dan IKPM Pakistan turut ikut andil dalam memeriahkan rentetan 100 tahun Gontor dengan mengutus 6 pemuda tersebut pada hari Kamis yang bertepatan dengan 12 Oktober 2023.

Selebrasi pengibaran bendera 100 tahun Gontor di pegunungan Himalaya

Perjalanan yang cukup menguras tenaga dan fikiran tersebut ditempuh dalam durasi 5 hari 4 malam. Lamanya 16 jam perjalanan menggunakan bis dari ibu kota Islamabad menuju Raikot, dan tepat pukul 11 pagi para delegasi tiba. Dari Raikot menuju Tattu Valley, setelah sholat dzuhur melanjutkan perjalanan menggunakan jeep selama 2 jam. Dari Tattu Valley pukul 3 mulai berjalan selama 3 jam, dan kondisi sedikit gerimis dengan suhu 4°. Tibalah para delegasi sampai di Fairy Meadows, dan menginap disana. Cuaca malam sudah di angka -6°, dan para delegasi bertahan di malam itu dari dingin menggunakan api unggun dan selimut tebal.

Esok paginya sekitar jam 10, para utusan melanjutkan perjalanan ke View Point, karena badai salju, para utusan memutuskan untuk stay di Biyal Camp. Kondisi malam di Biyal Camp sangat mencekam karena suhu mencapai -23°, dan kondisi oksigen sangat sedikit. Beberapa dari utusan ada yang merasa pusing dan sulit bernafas, akhirnya mereka melakukan pengobatan darurat dan alhamdulillah keadaannya membaik.

Sujud syukur atas kesyukuran 100 tahun usia pondok

Selanjutnya, hari Minggu sekitar pukul 9 pagi mereka melanjutkan perjalanan ke View Point. Perjalanan yang diselimuti salju mereka tempuh sekitar 1 jam, setelah sampai di View Point mereka beristirahat sejenak. Tepat pada pukul 11 pagi, para utusan melanjutkan perjalanan menuju destinasi terakhir yakni Basecamp Nanga Parbat. Tepat pukul 14.14, para delegasi melakukan selebrasi pengibaran bendera 100 tahun Gontor dan sujud syukur atas kesyukuran mereka yang berhasil sampai di destinasi tujuan dengan selamat, dilanjutkan dengan kesyukuran atas 100 tahun usia pondok. Dan alhamdulillah para delegasi bisa kembali pulang ke Islamabad dengan selamat.

Dengan diadakannya acara ini, semoga dapat menjadi ajang untuk bisa mensyukuri usia 100 tahun Gontor dengan terus memperbaiki diri dan menjadi pribadi yang bermanfaat untuk agama, nusa dan bangsa. Amiin.

Para delegasi dari setiap angkatan Pondok Modern Darussalam Gontor

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *