Kalam Nihaiy, Mengenal Lebih Dekat Sekte-Sekte Yang Ada di Gilgit Baltistan

Share Postingan ini

ISLAMABAD- Selasa (18/9) Bagian Departemen keilmuan PPMI Pakistan yang berkolaborasi dengan Bagian keilmuan IKPM dan Muhamadiyyah mengadakan Kalam Nihay dalam bentuk diskusi. Acara diselengarakan pada pukul 19.00  waktu Pakistan, di dalam Mesjid Umar Male Hostel IIUI. Diskusi ini membahas lebih dalam mengenai sekte-sekte yang masih tersebar di daerah Gilgit Baltistan ( Northen Area of Pakistan ).

Suasana berlangsungnya acara

Pembicara pada diskusi kali ini adalah Dr Ismail Muhammad Amien. Beliau merupakan salah satu dosen pengajar di kampus IIUI sekaligus menjadi dosen juga di Jamiah Darul Ulum Ghuari.  Acara berlangsung menggunakan bahasa arab yang di buka oleh saudara Lidzikri Ahmad Syahru Robbani selaku pembawa acara dengan pembacaan ayat suci Al-qura’n oleh saudara Rizky Jundi Robbani dilanjutakan oleh saudara Nizar Alkatiri selaku moderator.

“ Awal  penyebaran aqidah Ahlu Sunnah di Sub-Continent tidak lepas dari pelopornya yaitu Syeikh Waliyullah Ad-dahlawi “ jelas Dr Ismail Amien mengenai tokoh penyebaran aqidah tersebut di Sub-Continent.

Sekte-sekte di daerah ini cukup beragam salah satunya yaitu Muhammad NurBash, pencetus tariqat Nurbash. Beliau memilki keyakinan untuk menggabungkan dua keyakinan antara Ahlu-Sunnah dan Syia’h . Beliau memiliki berbagai karya yang ditulis dalam sebuah kitab seperti, fiqh akhwat, risalah I’tiqodiyyah, dan mas’alatul imamiyah dan tawassul min Syia’h . Paham ini terus berlanjut kepada tokoh berikutnya Bernama Syaid Manzur Hamdani yang memiliki keyakinan tersebut.

Suasana berlangsungnya acara

Dr. Ismail Muhammad Amien pun sangat mengapresiasi kita sebagai talib-ul-ilm yang sekarang sedang belajar di Pakistan dan berpesan untuk lebih mendalami tentang sejarah dan firqah-firqah di Pakistan.

Acara ditutup dengan sedikit obrolan oleh pemateri dan penyerahan kenang-kenangan kepada beliau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *