Raiwind dan Jama’ah Tabligh

Share Postingan ini

ISLAMABAD- Raiwind adalah sebuah kota kecil disalah satu provinsi Pakistan yaitu Punjab yang berjarak kurang lebih 25 km dari kota Lahore. Bagi mahasiswa Indonesia yang belajar di Pakistan sudah tak asing lagi mendengar kata Raiwind yang mana disana terdapat sebuah Madrasah Arabia Raiwind dan merupakan pusat Jamaah Tabligh terbesar dinegeri Ali Jinnah. Banyak santri yang datang dari berbagai penjuru dunia untuk belajar ilmu dakwah dan ilmu agama lainnya seperti Hadits, Tafsir dan sebagainyaDisana terdapat Masjid Jami’ Raiwind yang setiap harinya tak pernah sepi akan jamaah dan sangat hidup oleh kegiatan dakwah ila Allah, dzikir serta khidmat/ pelayanan.

Jama’ah Tabligh Raiwind

Ratusan jamaah keluar masuk setiap harinya, dari Masjid Raiwind tersebut dikirim jamaah dakwah ke berbagai penjuru dunia. Konon, tidak ada satupun negara di dunia ini yang belum pernah didatangi oleh jamaah tabligh, Masyaallah. Betapa besarnya pengaruh jamaah tabligh bagi umat islam, ketika banyak orang yang lupa ataupun lalai akan kewajiban kepada Allah SWT, mereka senantiasa mengajak dan mengingatkan sesama muslim untuk kembali kejalan yang benar. Kita tahu bahwa sesungguhnya kehidupan didunia beserta kenikmatan-kenikmatan yang ada didalamnya hanyalah bersifat sementara dan kehidupan yang sesungguhnya  adalah kehidupan akhirat. Allah sudah berfirman didalam kitabnya:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?” (QS. Al An’am: 32)

Perlu diketahui sebagai seorang muslim kita harus saling mengingatkan dan saling berlomba-lomba dalam kebaikan agar tercapai kehidupan yang aman, tenang, tentram, dan damai. Di Raiwind banyak orang yang bekerja dan mengabdikan dirinya dengan ikhlas dan semata-mata hanya mengharap ridha Allah SWTSetiap tahunnya Raiwind mengadakan ijtima akbar yang mana setiap jamaah tabligh dari berbagai negara berkumpul disatu tempat serta belajar bagaimana hakikat dan tujuan dakwah yang sesungguhnya.

Khusus untuk jama’ah dari luar Pakistan, karena kendala bahasa dan budaya maka disediakan tempat khusus dan terpisah dari tempat orang-orang lokal (Pakistani), mereka akan dijamu dan dihormati dengan baik. Biasanya ijtima ini diadakan selama 3 hari dan setelah itu ada kegiatan khuruj, banyak jamaah tabligh yang memiliki waktu senggang mendaftarkan diri untuk ikut keluar (khuruj) dengan waktu yang berbeda-beda, ada yang tiga hari, empat puluh hari bahkan ada yang sampai setahun. Para pengikut ijtima akan berpencar setelah sholat berjamaah untuk mendengarkan bayan dari ulama-ulama dan untuk jama’ah luar Pakistan tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa urdu karena disana sudah disediakan para penerjamah dari berbagai bahasa, mulai dari arab, inggris, melayu dan sebagainya.

Madrasah Arabia Raiwind sendiri diketuai oleh Maulana Abdul Wahab yang juga menjabat sebagai amir jamaah tabligh di Pakistan. Sesungguhnya banyak diantara orang/ jamaah yang tersentuh hatinya ketika sudah berada di Raiwind, karena disana kita diajarkan gambaran hidup tentang kehidupan para sahabat, tabi’in, dan tabi’it-tabi’in, yakni gambaran tentang perjuangan, ilmu, dzikir dan gerakan-gerakan islami yang indah. Dapat kita simpulkan bahwa salah satu tujuan jamaah tabligh ini adalah membuat perbaikan terhadap  manusia diseluruh dunia dengan jalan dakwah serta menyebarkan perasaan aman dan keamanan diseluruh pelosok negeri. Wallahua’alam.

(Ditulis oleh Sdr. Fauzi Rahman, Mahasiswa BS LLB Syariah and Law. Alumni PM. Gontor  th 2013)

Loading

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *