Sistem Pendidikan Formal di Pakistan

Share Postingan ini
Setiap negara tentunya mempunyai sistem pendidikan yang telah dirancang oleh pemerintahnya dengan rancangan yang sekiranya baik dan pantas diterapkan di negaranya tersebut, terutama sistem pendidikan formal. Seperti halnya sistem pedidikan di tanah air kita yang berawal dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan lanjut tingkat perkuliahan. Dalam artikel ini penulis akan membahasa tentang sistem pendidikan di Pakistan.
Ketika Pakistan mendapatkan kemerdekaannya pada tanggal 14 Agustus 1947, pemerintahnya segera mulai merancang dan memperhatikan pendidikan warga Pakistan dengan mengadakan konferensi di kota Karachi pada tanggal 27 November sampai 1 Desember 1947. Dari konferensi tersebut diambil beberapa poin utama yaitu:
1. Integrasi antara elemen moral, sosial dan kejurusan dalam sistem pendidikan
2. Mewajibkan sekolah dasar
3. Mewajibkan pendidkan jasmani
4. Mewajibkan latihan militer pada kelas college
5. Pelatihan kemasyarakatan
6. Problem buta huruf
7. Problem kapabilitas pengajaran
8. Teknik dan kejurusan pendidikan
9. Pendirian Badan Penasihat Pendidikan
10. Promosi riset keilmuan
11. Pendirian badan pelayanan beasiswa
Selang beberapa tahun kemudian, tapatnya pada tanggal 5 Januari 1959 didirikan Komisi Pendidikan Nasional (The Commission on National Education) yang diresmikan oleh Presiden Pakistan pada saat itu yaitu Muhammad Ayub Khan. Komisi tersebut sebagai badan yang bertanggungjawab atas segala yang berkaitan dengan pendidikan Pakistan. Sekarang komisi tersebut berubah nama menjadi HEC (Higher Education Commission). Dari komisi tersebut dirancang sistem pendidikan yang ada di Pakistan, terutama pendidikan formal.
Komisi Pendidikan Nasional Pakistan berperan dalam merekomendasikan lahan, gedung, furnitur, dan segala segala fasilitas pendidikan termasuk akomodasi untuk para guru. Diadakan pula tranning untuk para pengajar agar menjadi guru profosional dan persamaan persepsi dalam hal pendidikan dasar.
A. Pre-Pendidikan Dasar (Pre-Primary Education)
Pre-Pendidikan dasar merupakan jenjang sebelum memasuki jejang pendidikan dasar, bisa dikatakan tahap persiapan sebelum masuk sekolah dasar. Pre-pendidikan dasar dibagi dalam 3 stage; play group, nursery, dan kindergarten. Dalam kurikulumnya mengkolaborarikan antara bermain dan belajar karena peserta didik memulai jenjang ini yaitu ketika usia 3-5 tahun.
B. Pendidikan Dasar (Primary Education)
Jenjang pendidikan dasar merupakan tahap wajib belajar bagi seluruh masyarakat Pakistan yang telah dicanangkan oleh mentri pendidikan Pakistan. Masa belajar pada sekolah dasar ini selama 5 tahun. Tujuan utama dalam pembelajaran tahap ini adalah
a) Menjadikan para murid funtionally literate (melek huruf)
b) Meningkatkan seluruh aspek kepribadian murid
c) Mengajarkan pengetahuan dasar
d) Meningkatkan kebiasannya dalam industry, integrity, dan curiosity
Dalam hal kurikulum mengadaptasikan pada kemampuan anak didik, yang dimana harus didesign untuk meningkatkan kemampuan dasar, selain daripada itu pendidikan agama juga diajarkan. Metode pengajarannya harus active-oriented. Bahasa pengantarnya menggunakan Urdu sebagai bahasa nasional Pakistan.
C. Pendidikan Menegah  (Secondary Education)
Setelah selesai pendidikan dasar atau pada kelas 1 sampai 5 siswa dapat melanjutkan pendidikannya pada jenjang pendidikan menengah dengan 3 tahap. Pertama kelas 6 sampai kelas 8 (Middle), kelas 9 sampai kelas 10 (Secondary), kelas 11 sampai kelas 12 (Higher Secondary).
Dalam pendidikan menengah di Pakistan lebih berorientasi pada pengembangan individual siswa sebagai masyarakat, pekerja dan patriot sebagai pemahaman bagi mereka dalam kehidupan sosial dan kemajuan ekonomi juga pengembangan scientific. Maka sudah mulai terjurus mengenai subjek yang dipelajari oleh para murid jenjang ini. Selain bahasa Urdu sebagai bahasa pengantar pengajaran, juga bahasa inggris pada jenjang ini. Banyak dibentuk berbagai macam organisasi kesiswaan yang dilibatkan para siswa pendidikan menengah.
D. Pendidikan Atas/Perkuliahan (Higher Education)

Terdapat berbagai macam jurusan dan program yang tersedia pada stage pendidikan atas. Contohnya sosiology, economics, journalism, international realtion, business administration, dan lain-lain. Jenjang pendidkan perkuliahan tergantung pada program yang diambil. Awal mula dan umumnya ada program bachelor (BS/BA) dengan durasi belajar selama 4 tahun, lanjut setelah itu master pogram (MS/Ms.C/MBA) selama 2 tahun dengan syarat tugas akhir menulis tesis, dan setalah itu ada program Ph.D dengan masa studi selama 2-5 tahun dengan syarat tugas akhir menulis disertasi.

Oleh: Naufal Fairuzillah, alumni KMI tahun 2012, mahasiswa BS Education di IIU Islamabad

Loading

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *