Workshop Pemikiran dan Peradaban Islam: PKU Gontor Gelar Kolaborasi Dengan IKPM Pakistan

Share Postingan ini

Islamabad- Dalam rangka meningkatkan intelektualitas dan silaturahmi, IKPM Pakistan berkolaborasi dengan Direktur Progam Kaderisasi Ulama’ (PKU) Universitas Darussalam Gontor telah sukses menggelar webinar Pemikiran dan Peradaban Islam pada sabtu (20/11) melalui jaringan zoom meeting.

Acara ini diusung sebagai wadah penataran para calon ulama’ yang diprakarsai oleh Universitas Darussalam Gontor melalui Progam Kaderisasi Ulama’. Dalam kesempatan ini, mengangkat beberapa tema dan fokus, diantaranya adalah Syariah: Pembagian Waris Pemikiran Hazairin, Studi Qur’an: Studi Kritis Hermeneutika Khaled Abou Fadl dan Politik: Konsep Negara Sekuler menurut Abdullahi Ahmed An-Na’im.

Dalam salah satu sesinya yang disampaikan oleh perwakilan dari pihak Dr. Mohammad Latief, M.A., beliau menegaskan bahwa diadakannya progam ini termasuk langkah preventif terhadap pemikiran-pemikiran yang sudah terlalu bebas menafsirkan syariat dan komponen ajaran Islam.

“Saat ini pemikiran liberal semakin berkembang, bukan hanya di Barat, ini menjadi fenomena global, tidak terkecuali di Indonesia. Mempelajari dan mendalami Islamic Worldview merupakan salah satu senjata kita untuk mengcounter hal-hal itu”, Ujar beliau dalam epilognya.

Webinar yang berdurasi kurang lebih dua jam ini berjalan cukup khidmat, karena banyak dari audience yang ikut bertanya seputar materi webinar dalam fokus yang dibahas. Peserta webinar kali ini tidak hanya berasal dari IKPM Pakistan, akan tetapi banyak peserta yang berlatar belakang umum. Mereka juga banyak mewakili dari berbagai institusi.

 

Oleh : Rofi Hamzah Zuhair

Editor : Achmad Fuad Fahmi

Loading

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *